Posted by Calon_Ayah • 27-08-2019 18:02 • Purworejo, Jawa Tengah

Suara almarhum kakekku




Assalamualaikum.wr.wb..
Kenalin, gw adnan(sebut aja gitu), ini pengalaman nyata yang pernah gw alami sendiri tahun 2001, tepatnya saat gw masih kelas 1 SD, masih bocil.

Tahun 2001 (tanggalnya gw lupa),
Pagi itu gw masih mengikuti pelajaran, saat tiba-tiba ayah gw datang ke sekolah lalu menemui wali kelas gw, tanpa gw tau apa penyebab ayah gw sampai datang ke sekolah pagi-pagi begini. Setelah terlihat berbincang sejenak dengan wali kelas gw, wali kelas gw itu langsung memanggil gw ke depan dan meminta gw untuk segera mengemasi semua alat tulis gw.

Saat gw selesai berkemas dan telah maju mendekati ayah dan wali kelas gw, barulah gw tau, ternyata saat itu kakek gw meninggal dunia. Sore harinya, setelah sanak saudara berkumpul, jenazah kakek gw pun langsung di kebumikan, secara islam tentunya, karena kami sekeluarga islam. Seperti biasanya, saat ada orang meninggal, tentu malam harinya pasti akan di adakan acara yasin tahlil, dan inti dari cerita ini akan terjadi malam hari itu setelah kegiatan yasin tahlil selesai di adakan.

Karena mungkin kelelahan, banyak keluarga gw yang saat itu sudah tidur di tempatnya masing-masing. Tapi, saat itu gw sama sekali belum merasakan ngantuk, dan gw rasa gw satu-satunya yang saat itu belum tidur. FYI, saat itu gw masih tidur seranjang dengan ibu dan adik gw, sedangkan ayah gw saat itu tidur di kasur dekat tempat tidur gw.

Nah, di tengah keadaan gw yang masih terjaga itu, samar-samar gw seperti mendengar sesuatu dari luar kamar gw. Jadi kamar gw berseberangan dengan kamar nenek gw, dan hanya dibatasi oleh dinding triplek dan ada jalan menuju ke dapur. Awalnya gw tidak paham itu suara apa, tapi setelah gw perhatikan lagi, gw mendengar suara yang tidak asing di telinga gw.

Saat itu gw yakin itu suara kakek gw, kira-kira bunyi kalimat yang gw denger itu seperti ini,
"Bune,,bune,,bune,,". Bune adalah panggilan kakek gw ke nenek gw. Saat gw yakin akan apa yang gw denger itu, reflek gw langsung nutup telinga pakai bantal + langsung meluk ibu gw yang tidur di samping gw.

Gw pada awalnya belum berani cerita ke siapapun tentang apa yang gw denger ini, tapi beberapa hari kemudian, barulah gw cerita ke ibu gw, dan beliau tentu saja tidak percaya dengan apa yang gw ceritakan tentang kejadian malam itu. Nenek gw sendiri sudah meninggal tahun 2013 lalu, dan Alhamdulilah tidak terjadi apa-apa saat itu.

Sekian cerita dari gw, maaf bila banyak kesalahan dalam penulisan. Wassalamualaikum.wr.wb