Posted by markas • 30-09-2018 07:57 • bandung, Jawa Barat

Kisah Nyata Jelangkung




Berdasarkan kisah nyata.

ini cerita nyata yang aku alami ketika aku masih kuliah, saat itu aku masih semester 2.
kebetulan aku tinggal di kost, walau terkadang aku merasa kesepian tinggal sendirian,,masak sendiri,susi baju sendiri, semua serba sendiri namun semua itu aku lakukan demi menyelesaikan studyku.
terkadang aku merasa takut juga mendengar desas desus bahwa klo kost tempat ku tinggal adalah kost yg angker,mungkin sebab itu harga kostnya tidak terlalu mahal.suara seseorang bermain air di kamar mandi mungkin sudah menjadi santapan telingaku setiap malam, kejadian yg berulang-ulang itu membuatku malah menjadi terbiasa.
hal tersebut aku ceritakan kepada teman-temanku yg saat itu ingin bermalam di kost ku agar mereka sudah tidak aneh lagi dengan kejadian tersebut.
"kost'an lo masih suka ada yg mandi malem2 gak?"tanya temanku
"masih, malah tambah betah kayaknya"jawabku.
"udah pernah nyoba tanyain belom yg suka main air"temanku melanjutkan.
"hahaha, tanya ke siapa liat juga nggak gw"kataku.
"coba pake jelangkung aja"temanku menawarkan.
"gila lo gak berani gw, lagian gw gak punya boneka disini"jawabku, aku berfikir klo maen jelangkung mesti memakai media boneka.
"hahahaha...lo kira jelangkung jadul pake boneka, kagak lah" temanku yg 1 lagi ikut berbicara.
tak lama kemudian ia menjelaskan.
ou...ternyata mudah juga cukup dengan selembar kertas folio kosong & koin, awalnya kita tulis huruf dari A-Z, angka dari 0-9, kata YA & TIDAK, serta gambar rumah.
"ya udah, gw pengen coba liat lo dulu"kataku sambil memperhatikan permainan jelangkung yg mereka lakukan.
"jelangkung jelangse disini da pesta kecil-kecilan datang gak dijemput pulang gak diantar" berkali-kali temanku mengucapkan mantra itu.
tiba2 temanku berteriak, "udah ada nih"
aku hanya mengernyitkan dahi keheranan.
"ah lo mo nipu gw,mana gak ada apa2" kataku sambil coba mengambil koin dari jari temanku.
"jangan" bentak temanku, "lo mau gw knp2" lanjutnya.
dy menjelaskan apabila roh jelangkung belum dipulangkan sedangkan permainan tiba2 diakhiri maka hantu jelangkung tersebut akan mengikuti terus, bahkan ada beberapa kisah, hantunya minta dipulangkan dengan cara digendong, berjalan kaki pula mengantarnya, terdengar aneh memang namun ini cerita nyata.
"ya udah terusin" kataku sambil menarik nafas.
kedua temanku mulai bertanya nama, tinggal dimana, matinya kenapa..
tiba2 koin yg mereka pegang bergerak menuju huruf2 tertentu hingga menjadi beberapa kalimat yang isinya menjelaskan namanya siti, tinggal diatas lemari pakaian dan mati gantung diri.
jujur waktu itu aku hanya tersenyum kecil, "sialan gw dikerjain, anak2 mo nakutin doank ini mah" kataku dalam hati.
"coba tanyain dia lagi ngapain" kataku.
kembali koin bergeser mengarah ke huruf "H" & "I" berkali-kali.
"diketawain lo" kata temanku.
"ah,,itu mah lo gerakin sendiri kali, sini gw pengen coba" kataku.
lalu mereka menyuruh jelangkung itu pulang.
kali ini kami main bertiga,tangan kami masing2 diletakkan diatas koin yg ditempatkan didalam gambar rumah.
"inget apapun yg terjadi jangan dilepas sebelum udahan,tangan lo juga jangan kaku, rasakan dan ikutin kemana arah koin" temanku mengingatkan.
"oke" kataku.
"jelangkung jelangse disini ada pesta datang gak dijemput pulang gak diantar" kami mulai mengucapkan mantra itu berkali-kali.
anehnya kali ini angin bertiup kencang, kami terdiam mulai berpandangan sambil merasakan gerakan koin yg kami sentuh.
"dateng nih dateng" kata temanku.
tiba2 koin bergerak, menuju huruf "H" & "A" berkali2.
berarti sedang tertawa roh jelangkungnya kataku dalam hati, aku masih belum percaya 100% karena mungkin saja temanku yg menggerakan karena kami menyentuh 1 koin bersama2. kembali kami menanyakan nama, tinggal dimana dan mati kenapa.
jari kami pun mulai ikut bergerak,
mengikuti gerakan koin yg menuju huruf, S, A, E, P, U, L, O, H, K, A, M, A, R, M, A, N, D, I, T, E, R, P, E, L, E, S, E, T.
kami mulai berbicara,hampir bersamaan, "saepuloh tinggal di kamar mandi mati kepleset."
"hahahaha.." aku tertawa, lucu kupikir nama dan matinya kepleset di kamar mandi.
"mungkin ini yg sering bikin suara di kamar mandi kost'n lo" kata temanku.
tiba2 koin mulai bergerak kembali menuju huruf "H" & "A" mulai tertawa lagi ni setan.
kami mulai bertanya banyak..masalah cewek, kejelekan masing2..seraya tersenyum cengengesan.
lalu aku mencoba bertanya sesuatu yg pasti temanku tidak mengetahuinya. seperti nama saudara2ku dan hal yg lain. aku kaget semua jawabannya benar, disitu aku mulai ketakutan, rasanya ingin ku lepas jariku dari koin itu dan menyudahi permainan, namun aku teringat pesan temanku.
"udah cukup ya sob" kataku.
"bentar2, santai dulu kita tanyain yg laen, baru jam 11"
selagi kami berbicara, tiba2 koin mulai bergerak ke arah huruf M, A, C, A, N
"macan?" suara kami terdengar berbarengan.
temanku mulai bertanya kepada jelangkung itu "macan apa?maksudnya apa?"
koin bergerak lagi kehuruf A, D, A, M, A, C, A, N.
"dimana?" temanku bertanya lagi. sedangkan aku semakin merinding, suasana malam pun terasa sepi dan hening namun angin kencang kembali berhembus.
namun koin bergerak ke huruf K, U, N, T, I.
"kuntilanak maksudnya" temanku bertanya.koin bergerak lg menuju kata "YA"
"dimana?"
P, I, N, T, U.
"ngapain dia dipintu?"lanjut temanku. M, E, L, I, H, A, T
tiba aku merinding luar biasa lalu merasa melayang aku juga tidak tahu perasaan apa itu.
hanya terdengar suara temanku "istigfar bay istigfar"
dengan terbata-bata aku mengucap istigfar.
"hampir kemasukan lo tadi, makanya jangan ngelamun"lanjutnya.
akhirnya kami memutuskan untuk menyudahi permainan,.
"udah ya pulang" kata temanku. namun koin bergerak menuju kata "TIDAK"
"kenapa gak mau?"
T, A, K, U, T.
"takut sama siapa"
k, U, N, T, I
"udah ya pulang" kata temanku memohon.
lagi-lagi koin bergerak menuju kata "TIDAK”
"gpp kok, pulang sekarang" namun berkali2 jawabannya tidak. kami bertiga pun kebingungan dan mulai merasa sangat ketakutan.
"gimana nih?" aku mulai ikut berbicara.
tiba2 salah satu temanku terdiam terlihat bibirnya bergerak yg kupastikan dia sedang berdoa.tak lama kemudian koin bergerak menuju huruf T, E, R, I, M, A, K, A, S, I, H.
"ya udah sekarang pulang dan jangan ganggu lagi" temanku mulai berbicara.
akhirnya koin pun bergerak menuju gambar rumah lagi yg berarti permainan jelangkung telah selesai.
kami bertiga bernafas lega,"lo ngapain tadi" tanyaku.
"dia ngusir kunti yg dipintu tadi"temanku yg satunya yg menjawab.
"pantesan berani ngajak maen ginian"kataku.
"iya lah, klo gada pegangan gw gak berani maen jelangkung"jawabnya.
kami pun memutuskan untuk begadang malam itu sambil main game,kebetulan hari jumat jadwal kelasku masuk siang.