Posted by newbiehoror • 24-11-2019 07:00 • Purwokerto, Jawa Tengah

Kain Putih di Jalan Sepi




Banyak cerita creepy yang datangnya dari kampung halamanku. Alam yang masih asri sekaligus minim penduduk membuatnya kaya oksigen tapi dibalik itu juga menyimpan suasana seram.
Cerita ini dialami oleh Bibiku. Sebut saja Bibi Adah. Bibi Adah pergi ke acara nikahan saudara bersama beberapa ibu-ibu melewati jalanan kampung dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui adalah jalan bebatuan yang sangat jarang dilalui kendaraan. Tujuan ke hajatan untuk bantu-bantu pihak keluarga kaya masak, nyiapin ini itu deh. Waktu itu mereka berangkat sore menjelang magrib. Sasana sudah agak gelap gitu.
Di tengah jalan, mereka menjumpai kain putih sekitar 2 x 2 meteran. "Ini kain apa ya Bu Ibu?" Tanya Bi Adah sambil mendekati kain itu. Ibu-ibu lain juga keheranan dan menjawab seperlunya, "Ah, punya orang kali jatuh". Tapi yang membuat Bi Adah dan ibu-ibu lainnya heran, kenapa kalau kain jatuh, posisinya membentang gitu. Mirip kain alas buat orang mau lesehan. Warnanya putih pula. Salah satu ibu-ibu mencoba memegang dan mencubit kain itu dan ia angkat sedikit. Istilahnya, dicomot sambil diangkat sedikit. "Ini kain biasa lho", seloroh ibu itu.
Ah, udah deh mereka gak mau banyak mikir soal kain itu. Lagipula, waktu udah sore banget. Kepercayaan di kampung, gak baik jalan di luar rumah di waktu menjelang magrib. Katanya itu waktu "sanekala" atau waktu yang tidak pantas untuk bepergian sekaligus diartikan juga waktu di mana giliran makhluk lain berlalu lalang. Kurang lebih begitu lah.
Setelah mereka berlalu meninggalkan kain putih itu, sejauh sekitar 30 meter lah. Sesuatu yang mengejutkan sekaligus bikin bulu kuduk merinding terjadi. Gaes... si kain putih tadi berdiri perlahan. Kaya ada orang tinggi besar bangkit dari bawah kain putih itu. Perlahan berdiri dan menjelma sesosok orang dengan postur tubuh tinggi diselimuti kain putih, lalu melayang pergi memasuki hutan di pinggir jalan.
Sontak saja Bi Adah dan teman-temannya lari tunggang langgang. Terbirit-birit deh mereka. Ngos-ngosan sampe ke lokasi hajatan yang untungnya tidak terlalu jauh. Widih... langsung deh heboh mereka ceritakan apa yang mereka alami di jalan ke orang-orang di hajatan.
Well, menurut kalian, itu makhluk apa ya Gaes??