Posted by erlinazaara • 22-04-2018 11:30 • Tuban, Jawa Timur

Penunggu Pohon Sukun




Pohon Sukun dikenal dengan buahnya yang lembut dan jauh dari kata mistis, tapi siapa sangka pohon sukun yang terdapat di Desa K ini malah menjadi misteri bagi penduduk sekitar, pasalnya pohon sukun ini memiliki kisah misteri. Kisah ini bermula saat ada acara sedekah bumi ( manganan ~ dalam bahasa jawa ). Awalnya kegiatan siang itu berjalan lancar akan tetapi beberapa saat setelah melakukan berbagai ritual ada hal yang sangat mengejutkan, tiba - tiba orang ( perempuan ) yang ada di bawah pohon sukun itu mendadak kejang seperti kesurupan. Saat hendak dipanggilkan orang pintar orang tersebut meninggal dunia. Suasana senang seketika berubah menjadi duka, keluarga yang ditinggalkan sangat terpukul atas meninggalnya keluarga tersayang mereka.

Usai melepas duka akhirnya suasana kampung menjadi seperti biasanya lagi. Beberapa hari setelah meninggalnya perempuan itu hal aneh pun terjadi. Ada salah satu warga ( laki laki ) yang mencoba mengambil buah sukun tempat wanita itu mengembuskan nafas terakhirnya, saat malam hari laki - laki itu bermimpi bertemu wanita itu dan berkata " kembalikan buah yang sudah kau curi ", sontak mendengar kata itu laki - laki tersebut beranjak bangun mimpi seramnya itu.

Menurut saksi mata setelah laki - laki mengambil buah tersebut, banyak warga yang diteror oleh wanita itu. Ada salah satu warga yang diteror dan wanita itu berkata meminta tumbal karena tempat tinggalnya dirusak oleh orang tak bertanggung jawab jika tidak semua warga akan meninggal. Kepala suku berinisiatif untuk memberi tumbal tapi diganti dengan hewan setiap malam jumat. setelah kepala suku berbicara dengan hantu tersebut kesepakatan pun terjadi. semenjak saat itu juga pohon yang mula buahnya untuk dimakan berpindah untuk dikeramatkan, agar tidak terjadi hal aneh yang menimpa penduduk kampung tersebut.