Posted by • 05-09-2015 11:08 • Gunung Kidul, Yogyakarta

Hantu di Tempat KKN




Cerita ini nyata terjadi pada temen kos saya sekitar tahun 2011. Dia (sebut saja A) adalah kakak angkatan saya, lebih tua satu tahun. Waktu itu dia mendapat tempat KKN di daerah Gunung Kidul, Jogja. A ini orangnya penakut, tapi entah kenapa dia peka banget. Dia sering dilihati yang begituan. Berhubung cerita ini sudah lama, saya sudah agak lupa bagaimana spesifiknya A cerita pada saya. Jadi saya ceritakan saja sesuai ingatan saya.

Cerita dimulai ketika A berangkat KKN. Sebagaimana biasanya anak-anak KKN diberi tempat oleh kepala desa, dan kelompok A ini ditempatkan di sebuah rumah yang dengan sukarela dipinjamkan oleh pemiliknya. Rumah ini memang kosong lama karena si pemilik rumah tinggal di rumah lain. Anak cowok dan cewek diberi tempat berbeda, jadi anggota kelompok A yang cowok menempati rumah lain lagi di dekat rumah yang ditempati A.

A ini anaknya kata orang jawa lenjeh atau kemayu, suka banget dandan dan tiap kali melihat cermin inginnya berkaca. Suatu malam teman A ingin ke kamar mandi tapi takut sendirian, jadi dimintalah si A untuk menemani. Sementara teman A masuk kamar mandi menunaikan hasratnya, A seperti biasa berkaca di cermin yang terletak tak jauh dari kamar mandi. Memperbaiki rambut, poni dan sebagainya. Sedang asik-asiknya pegang-pegang rambut, eh ada yang lewat di belakang.

A kontan saja menoleh, tapi tak ada siapa-siapa. Padahal dia yakin sekali kalau ada yang lewat di belakangnya. Dia pun kembali berkaca. Tapi lebih parah lagi, kali ini dari kaca dia melihat ada perempuan berambut panjang berbaju putih berdiri di belakangnya. Kontan saja A menjerit dan lari masuk kamar, meninggalkan temannya yang sedang di kamar mandi.

Kejadian ini tidak dialami A, tapi pada teman-temannya juga. Si perempuan ini sering sekali memperlihatkan diri. Katanya kalau sedang senang si perempuan berwujud sangat cantik. Tapi kalau sedang tidak senang, perempuan ini menunjukkan diri dengan wajah hancur mengerikan.

A jadi sering sekali pulang ke kos di akhir minggu (bahkan tiap kali ada kesempatan dia pulang), karena dia tidak tahan tinggal lama-lama di tempat KKN-nya. Saking seringnya perempuan itu muncul, cewek-cewek di kelompok A sepakat memberitahu para cowok dan meminta tukar rumah. Tapi para cowok tampaknya agak keberatan, sehingga disepakati bahwa beberapa cowok akan ikut tinggal di rumah yang ditempati kelompok A. Dari beberapa cowok ini, ada yang punya kemampuan dan bisa 'melihat'.

Kata si cowok yang bisa 'melihat', perempuan itu tinggal di kamar paling ujung rumah, yang memang tak pernah ditempati sebelumnya. Dari gosip yang dikumpulkan anak-anak KKN dari warga sekitar, perempuan itu adalah istri pertama dari si pemilik rumah yang meninggal dengan cara yang tidak enak (saya lupa dia meninggalnya karena apa, pokoknya tidak bagus caranya meninggal).

Katanya perempuan itu menaruh dendam pada suaminya karena dulu suaminya selingkuh. Istri si pemilik rumah saat ini adalah selingkuhannya dulu. Istri pertama yang sudah meninggal ini ternyata memang sering memperlihatkan diri, sehingga ketika anak-anak KKN bertanya-tanya pada warga sekitar mereka sudah tidak kaget.

Sudah dilakukan berbagai usaha untuk mengusir perempuan itu, termasuk mendatangkan kiai (atas persetujuan pemilik rumah). Tapi perempuan itu tak juga mau pergi. Alasannya simpel saja, itu kan rumahnya. Anak-anak KKN hanya numpang sebentar. Mana mau dia diusir dari rumahnya sendiri? Akhirnya kelompok A dengan berat hati tinggal di situ sampai KKN selesai.

Di samping cerita seram ada juga yang lucu. Ternyata hantu perempuan itu naksir pada teman cowok A yang bisa 'melihat', dan mengikutinya kemana-mana. Cowok ini tentu saja menolak mentah-mentah. Dia sering teriak-teriak sendiri mengusir si hantu biar tidak dekat-dekat dengannya. Suatu malam dari arah dapur terdengar suara berkelontangan, dan esok paginya dapur dalam keadaan super berantakan. Ternyata hantu itu marah karena ditolak terus oleh si cowok ini dan dia menerbangkan barang-barang yang ada di dapur. Anak-anak akhirnya kerja bakti membereskan kekacauan itu.

Sekian dulu cerita dari saya. Cerita ini saya susun dari penggal-penggalan yang saya ingat dari cerita teman saya dulu. Terimakasih teman-teman yang bersedia membaca
cerita hantu
profile picture
ukauka , Kripiker
05-09-2015 20:05
penulis cerita ini silahkan PM ane
vigosine , Kripiker
06-09-2015 21:26
Paling parno dah ma ngaca,
ngeri ada yg ikutan ngaca jg...
ridwan18 , Kripiker
10-09-2015 14:27
jin iseng itu