Posted by Afryan07 • 15-10-2015 12:45 • Pengadang, Praya Tengah, Nusa Tenggara Barat

Di Sembunyiin Beboro




Ini kejadian yg pernah terjadi sewaktu sy masih kecil, tepatnya saat sy mseh kelas 2 SD. Meskipun bukan sy yg mengalami kejadiannya langsung seh. Tp sy tau kok gmn kejadiannya, karena sy jg da d sana.

Stelah musim panen padi, sawahpun jd lapang. Anak2 pda masa tu biasanya suka main layangan k sana. Termasuk sy n tmen2 sy. Salah satu tmen sy da satu yg cewek, namanya Giyul. Anaknnya tomboy minta ampun, suka brantem sma cowok seusianya.. Bahkan sy jg pernah d gebukin smpe nangis. Masa kecil dah namanya.

Nah lg asik2nya main layang, tiba2 da layangan yg putus. Sy n tmen2 trmasuk si Giyul ngjer tu layangan, sampe ke sebuah kebun bambu. Gk da yg brani masuk tu kebun krna trkenal angker. Kecuali si Giyul ni. Yg gak brani masuk seh balik lg k sawah main layangan, sampe menjelang magrib baru semua pulang.

Nah mulai dah ni, setelah magrib kira2 jam 7 lbih 15, bapaknya Giyul nyari2 anaknya ni kerumah tmen2 trmasuk rumah sy. Sy pun ngasi tau bapaknya si Giyul, kalo terahir kali sy bareng Giyul pas waktu ngjer layangan ke kebun bambu dket sawah.
Akhirnya warga kampung pun d kumpulin buat nyari si Giyul, termasuk ayah sy. Sy juga ikut nyari sambil d gandeng sma ayah sy.
Stelah lumayan lama nyari, akhirnya d putusin buat minta tolong sma orang pinter yg da d kampung sbelah.
Orang pinternya pun dateng n dengan kesaktiannya dy pun berhasil nemuin si Giyul lg duduk d bawah pohon bambu.
"aneh, bukannya dari tadi sy sama warga dari tadi lewat situ, tp kok si Giyul gk da" pikir sy.
Anehnya lagi si Giyul lagi makan cacing tanah banyak banget sma d tangan kirinya da kotoran sapi kering yg bunder.
Giyul yg sadar megang gituan langsung pingsan.
Besoknya sy kerumah si Giyul, n dia cerita kalo ada orang yg ngajakin dia kerumahnya, terus dia d kasi makan mie goreng sma kerupuk.
Baru sy tau dari ayah sy kalo si Giyul d culik sama Beboro penunggu tu kebun. Menurut kpercayaan daerah sy, Beboro adalah jin yg suka menculik anak2, meskipun gk d apa2in tp dy sering ngasi kita makanan dari kotoran ato sesuatu yg menjijikkan lainnya. Tp anak yg diculik melihat kalau makanan yg d kasi sma tu Beboro adalah makanan kesukaannya.

Bahkan ada lagunya loh
"sek kusesek kukelak gedeng antap
sak sedi kusesek sak tengak kugandong"
tu lagu buat manggil tu jin, tp cuma bisa berfungsi kalo anak kecil yg nyanyiin d tmpet2 yg da jin Beboronya


(tamat)
profile picture
sixth_sense , Kripiker
15-10-2015 13:16
seremm..
gue baca lg tuh lirik lagu.. untung gue bukan anak kecil..
keep writing..
profile picture
Afryan07 , Kripiker
15-10-2015 15:22
sixth_sense wrote

seremm..
gue baca lg tuh lirik lagu.. untung gue bukan anak kecil..
keep writing..


sy jg pernah kok liat beboro
profile picture
sixth_sense , Kripiker
15-10-2015 16:53
Afryan07 wrote


sy jg pernah kok liat beboro



iyakah.. kyk apa bentuknya??
profile picture
Afryan07 , Kripiker
15-10-2015 17:06
sixth_sense wrote



iyakah.. kyk apa bentuknya??


bentuknya biasa2 ja kayak manusia, tp kulitnya item kayak gosong, trus dy pake clana kayak tuyul, tp warnanya item.
profile picture
kunaikun , Kripiker
15-10-2015 17:21
anak ny d sembunyiin sambil d kasih makan yg menjijikan ..
jin ny kesepian kali ya,, minta temenin maen
profile picture
sixth_sense , Kripiker
15-10-2015 17:29
Afryan07 wrote


bentuknya biasa2 ja kayak manusia, tp kulitnya item kayak gosong, trus dy pake clana kayak tuyul, tp warnanya item.



ih hafal lg diaa.. hiiiyyyyyyy
sampe sekarang masih adakah itu kebun yg d tungguin itu beboro??
profile picture
Afryan07 , Kripiker
15-10-2015 17:42
sixth_sense wrote



ih hafal lg diaa.. hiiiyyyyyyy
sampe sekarang masih adakah itu kebun yg d tungguin itu beboro??


kalo sekarang sy gak tau ya, soalnya dah hampir gak pernah dnger lg da kejadiannya
profile picture
Parrotbill , Kripiker
07-12-2015 13:47
Anjay, gua nyanyiin lagi --''
profile picture
arke , Kripiker
07-12-2015 20:30
Mantab bro. Seremnye dapet
profile picture
dehara , Kripiker
22-12-2015 13:23
macem kolong wewe gitu ya?