Posted by red_john • 10-02-2016 08:12 • payakumbuh, Sumatera Barat

penunggang kuda




kejadian ini terjadi di rumahku sendiri. aku mengalaminya ketika aku masih duduk di bangku sekolah dasar.

waktu itu adalah hari senin. nenekku malam itu menginap dirumahku,
seperti biasanya, sebelum tidur nenek akan menceritakan kisahnya ketika zaman penjajahan dulu.
namun beberapa saat setelah beliau menceritakannya, aku langsung tertidur.
namun beberapa jam kemudian, aku terbangun karena mendengar ada suara orang bermain tenis di ruang tengah. namun setelah aku cek, tidak ada apapun, tapi suara itu masih tetap terdengar. aku pikir, mungkin itu adalah suara TV "ah, mungkin ayah lupa mematikan tv nya" pikirku. kemudian aku cek lagi di ruang TV. betapa kagetmnya aku karena ternyata TV itu sama sekali tidak menyala.

setelah itu aku mendengar ada suara delman dari luar rumah. aku memberanikan diri untuk melihat keluar, tapi tidak ada siapapun diluar sana, padahal aku dengan jelas mendengar suara itu masih ada, sangat jelas, dan terasa sangat dekat. aku terus memperhatikan jalanan di depan rumahku itu. kemudian tampak ada penunggang kuda yang entah datang dari mana. aku terus memperhatikannya, namun dia tidak menoleh sama sekali. setelah aku perhatikan sekian lama, dia tiba tiba menghilang tepat dibawah sinar lampu diujung jalanan itu.
"kamu ngapain dek?" tegur nenek,
"barusan ada yang nunggang kuda nek, trus dia ilang" jawabku
"sudah sudah, nggak ada yang begituan malam malam gini" kata nenekku "udah gih, diluar dingin, kamu tidur lagi sana" perintah nenek.

kisah itu masih teringat olehku yang sekarang sudah dewasa, dan aku akhirnya bertanya pada mamaku, "mah, dulu adek pernah denger ada suara orang main tenis di dalam rumah, terus adek juga denger suara orang nunggang kuda, trus adek ikutin, tapi dia langsung ilang"
"oooh, kamu juga pernah denger suara itu, sama liat penunggang kuda itu ya?" seru mama, "sebenernya rumah kita ini dibangunnya diatas bekas kuburan lama, sama sisa penjajahan dulu"
aku kaget, setelah sekian lama tinggal dirumahku, aku baru tahu kenyataannya.
"mama juga dulu sering ngeliat penunggang kuda itu" tambah mamaku

aku bersyukur karna mengetahui hal itu baru baru ini, karena kalau seandainya aku bertanya keesokan hari dari kejadian itu, mungkin aku tidak akan pernah tidur nyenyak lagi dirumahku sendiri.
yomadeet , Kripik Writer
24-06-2016 09:24
wah serem banget ceritanya kakak...